Berikut Ini jenis-Jenis Bahan Mukena

Bagi anda yang akan membeli mukena atau bahkan ingin memproduksi mukena sendiri untuk dijual, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bahan mukena. Dengan begitu anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan kain mukena tersebut. Berikut jenis-jenis bahan mukena :

  1. Mukena Bahan Spandex

Mukena dengan bahan spandex ini memiliki karakteristik bahan yang jatuh dan dingin. Walaupun tidak memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik, namun bahan spandex ini memiliki kesan yang mahal, elegan dan eksklusif karena bahannya yang lembut dan memiliki serat yang sangat halus. Selain itu, motif dan warna yang ditawarkan pun dari bahan ini sangatlah beragam.

  1. Mukena Bahan Parasut

Mukena dengan bahan parasut ini memiliki karakteristik kain yang ringan dan tidak mudah kusut. Sehingga mukena bahan ini sangat cocok digunakan pada saat akan bepergian. Sehingga tidak aneh kalau mukena bahan parasut ini memiliki julukan sebagai mukena traveling karena mukena ini bisa dilipat sedemikian rupa menjadi kecil dan simpel. Namun bahan mukena parasut ini tidak memilili kemampuan menyerap yang baik dan agak panas saat digunakan.

  1. Mukena Bahan Sutra

Kelebihan dari mukena bahan sutra ini diantaranya adalah elastis, elegan, berkilau dan mampu menyesuaikan kondisi dimana saat menggunakan bahan kain ini anda tidak akan merasa kegerahan dan tidak akan kedinginan. Memang mukena bahan sutra ini harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan mukena bahan lainnya. Namun harga tersebut sangat sesuai dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh mukena bahan sutra.

  1. Mukena Bahan Katun Silk

Mukena dengan bahan katun silk ini memiliki karakteristik yang lengkap penggabungan antara bahan katun dan silk. Sehingga mukena ini sangat nyaman saat digunakan untuk sholat, dingin, dan memiliki daya serap keringat yang cukup baik. Mukena bahan katun silk ini sangat cocok untuk digunakan sholat sehari-hari anda. Jika dilihat secara seksama, bahan ini hampir mirip dengan sutra yang lembut dan memiliki ketebalan yang baik. Perpaduan antara katun dan silk membuat mukena ini nampak mewah dan awet.

  1. Mukena Bahan Katun Paris

Mukena bahan katun Paris ini memiliki tampilan kain lebih tipis dibandingkan katun Jepang. Selain itu, mukena katun Paris ini memiliki karakteristik daya serap keringat yang cukup baik. Dan kain katun Paris ini seringkali digunakan untuk mukena bermotif, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada mukena model polos. Yang menariknya harga mukena bahan katun Paris ini sangat terjangkau.

  1. Mukena Bahan Katun Rayon

Perlu diketahui bahwa bahan katun rayon ini merupakan bahan campuran dari katun dan rayon. Dimana bahan ini memiliki karakateristik kesan kain yang jatuh. Dengan harganya yang sangat terjangkau, bahan kain yang adem, serta nyaman. Sehingga tidak aneh kalau mukena bahan katun rayon ini banyak diminati oleh masyarakat. Salah satu contoh mukena bahan katun rayon ini adalah mukena model Bali yang lagi ngetrend saat ini.

  1. Bahan Katun Jepang

Mukena bahan katun Jepang ini terbuat dari 100% cotton. Jadi bisa dipastikan bahwa mukena ini akan adem, nyaman, dan memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Sehingga tidak heran kalau mukena bahan katun Jepang ini menduduki posisi teratas yang sangat populer di kalangan wanita muslimah di Indonesia. Ciri khas dari kain ini adalah memiliki warna-warna yang cerah, awet, dan tidak mudah luntur walaupun sering dicuci berkali-kali.

  1. Bahan Kain Shantung

Bahan kain shantung ini dikenal juga dengan sebutan kain rayon yang merupakan salah satu bahan mukena yang dikenal paling nyaman saat digunakan. karena kain shantung ini memiliki karakteristik kain yang adem dan ringan. Sehingga mukena bahan kain shantung ini sangat cocok untuk digunakan sholat sehari-hari.

Selain jenis-jenis bahan di atas, ada juga bahan kain katun lokal dan katun IMA. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *