Buat Nama Domain Gratis untuk Website? Ini Caranya!

Apakah kamu ingin membuat website-mu sendiri? Tentu saja bisa! Tapi sebelumnya, apakah kamu tahu tentang apa itu domain? Domain merupakan salah satu elemen penting untuk membuat sebuah website, domain berfungsi sebagai alamat yang memudahkan para calon pengunjung untuk mengunjungi website. Untuk melihat daftar domain sesuai keinginan, kamu bisa mengunjungi laman website yang menyediakan daftar domain seperti Dewaweb.

Membuat nama domain memang tidak mudah, kamu harus memilih daftar domain yang mudah diingat dan bisa membangun branding untuk usaha, organisasi hingga personalmu sendiri. Untuk mendapatkan nama domain untuk website kamu bisa membelinya atau mendapatkannya secara gratis loh!

Namun sebelum memutuskan memilih daftar nama domain secara gratis, kamu bisa melihat harga daftar domain murah dari Dewaweb berikut ini!

  1. ,com    : Rp. 145.000 per tahun, biasanya digunakan untuk komersial dan perusahaan.
  2. .biz       : Rp. 260.000 per tahun, biasanya digunakan untuk keperluan bisnis
  3. .id        : Rp. 250.000 per tahun, digunakan website dengan target pasar di Indonesia
  4. .org      : Rp. 190.000 per tahun, biasa digunakan untuk website organisasi
  5. .name  : Rp 150.000 per tahun, biasanya untuk website personal

Kamu bisa memilih ingin menggunakan tipe domain yang mana untuk websitemu dari referensi yang sudah ada di atas. Sekarang jika kamu ingin membuat nama domain secara gratis, kamu bisa menggunakan beberapa daftar domain gratis dari beberapa country code top-level domain (ccTLD).

  1. 1. tk

Ini adalah domain gratis yang biasanya digunakan untuk melakukan eksperimen pada website. Kepanjangannya adalah Tokelau, sebuah daerah di Selandia Baru. karena cocok digunakan sebagai simulasi sebuah website, maka .tk hanya bisa menerima jumlah traffic di website yang tidak terlalu tinggi.

  1. 2. cf

Kepanjangannya adalah Central African yang berarti dari Afrika Tengah. Meskipun ini terdapat versi gratis yang tentu saja mempunyai beberapa kekurangan, kamu bisa membeli .cf dan mendapatkan nama domain secara premium. Namun jika target pengunjung website adalah dari Indonesia, sebaiknya tidak perlu membeli yang versi premium.

  1. 3. ml

Lagi-lagi ini juga berasal dari daerah Afrika, hanya saja yang ini berasal dari Mali, Afrika Barat. Namun fitur yang diberikan terbatas, karena ini adalah domain gratis. Mulai dari jumlah traffic dan nama domain yang terbatas, hingga kredibilitas yang kurang meyakinkan.

  1. 4. mal

Ini juga berasal dari daerah Gabon di Afrika. Sama seperti .cf, domain ini juga bisa berbayar jika menggunakan domain yang spesial. Domain dengan jumlah huruf yang sedikit sehingga lebih mudah diingat. Harga untuk domain spesial ini berkisar antara Rp. 100.00 per tahunnya.

Nah itu tadi adalah daftar domain gratis yang bisa kamu pakai. Sebenarnya masih ada banyak sekali domain-domain gratis yang bisa kamu gunakan. Namun selalu pastikan untuk melihat kekurang dan kelebihan dari sebuah domain gratis sebelum kamu menggunakannya. Jika kamu membutuhkan sebuah domain untuk eksperimen website kamu, maka daftar domain gratis di atas sangat cocok untuk kamu gunakan.

Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan nama domain untuk sebuah perusahaan, atau organisasi berjangka besar dan panjang, alangkah lebih bijak jika kamu membeli nama domain secara legal. Kamu bisa beli domain murah di Dewaweb. Selain bisa dipastikan bisa memberikan banyak kelebihan yang menguntungkan, kamu juga bisa mendapatkan penawaran paket lainnya. Yuk, cek daftar domain impianmu sekarang di Dewaweb!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *