Fakta dan Cara Mendapatkan Detak Jantung Normal

Detak jantung merupakan denyut jantung yang perlu dihitung untuk mengetahui apakah ada gangguan atau tidak pada jantung. Denyut jantung maksimum merupakan denyut tertinggi yang diperoleh selama latihan. Detak jantung normal menandakan denyut jantung ketika beraktivitas dan beristirahat hampir sama. Detak jantung lemak maupun tidak normal dapat terjadi yang menandakan adanya sistem pada listrik jantung.

Berikut adalah fakta detak jantung diantaranya:

  • Detak jantung dapat diketahui di titik dalam siku, atas kaki, bagian pergelangan tangan dan leher dengan cara menarik dan menekan jari telunjuk pada titik namun jangan terlalu keras dan hitung denyut selama 30 detik.
  • Detak jantung orang yang sudah dewasa memiliki denyutan 60 hingga 100 kali setiap menitnya, jumlah detak ini jika tidak berada dalam aktifitas berat dan untuk bayi memiliki detak 100 hingga 160 dalam setiap menitnya dan anak-anak 60 hingga 140 denyut setia menit.
  • Detak jantung berubah sesuai dengan aktifitas yang dilakukan semakin berat maka semakin cepat detak jantung, begitu juga dengan pengaruh suhu udara, obat-obatan dan emosi, termasuk berat badan.
  • Mengonsumsi kafein yang dapat membuat tubuh berenergi dan memblokir hormon adenosine yang berfungsi dalam menurunkan detak jantung maupun membuat mengantuk.
  • Detak jantung yang cepat dapat menjadi tanda jantung mengalami kelainan karena aliran darah tidak lancar membuat jantung harus bekerja lebih untuk mengalirkan darah.

Untuk dapat menstabilkan denyut jantung maka dapat mengonsumsi 1000 mg kalsium yang diperoleh dari produk sereal, yoghurt, susu, brokoli dan kubis. Kandungan magnesium yang dibutuhkan hingga 400 mg dalam sehari dapat ditemukan di kurma, biji labu, almond, gandum dan sayuran hijau. Asam lemak omega 3 pada ikan makerel, tuna, sarden dan tiram yang dikonsumsi juga dengan kacang-kacangan untuk menjaga peredaran darah dan kesehatan jantung.

Kandungan kalium membutuhkan mineral yang dapat membuat otot dapat berkontraksi dengan baik, dapat ditemukan di buah jeruk, air kelapa, plum, alpukat. Sayuran hijau memiliki lemak rendah dan mempertahankan sistem imun dan zat besi yang ditemukan pada kacang polong, brokoli, kacang goreng, selada dan peterseli. Makanan berserta yang ditemukan pada aprikot, apel, anggur, kiwi dan pepaya. Minyak zaitun yang memiliki lemak mono tak jenuh sehingga berperan untuk menurunkan kolesterol yang berpengaruh terhadap denyut jantung. Teh hijau yang jika dikonsumsi sebanyak 12 ons setiap hari maka akan menurunkan resiko serangan jantung.

Berikut adalah cara mendapatkan detak jantung sehat diantaranya:

  • Dengan melakukan aktifitas fisik, dengan melakukan olahraga moderat akan membuat 60 hingga 80 persen detak jantung lebih maksimal dan dapat menaikkan kebugaran bagian kardiovaskular.
  • Melakukan aerobik yang menjadi anti aging untuk jantung, jika intens dilakukan akan membuat jantung bekerja lebih baik dapat juga melakukannya dengan jalan cepat, menari maupun berlari.
  • Menurunkan berat badan dimana berat yang semakin bertambah beratnya akan mempengaruhi kinerja jantung dalam memompa darah.
  • Dapat melakukan fitness tracker sehingga akan dapat melihat detak jantung saat olahraga maupun ketika istirahat.

Detak jantung normal dapat diketahui dengan mengonsumsi potasium yang dapat membantu kebutuhan kalium dibandingkan suplemen. Perlu juga mengurangi tingkat stres terutama jika dalam waktu yang lama akan membuat peningkatan detak jantung dan napas tersengal sehingga perlu melakukan konsultasi kesehatan mental. Melakukan meditasi dan yoga sehingga akan membantu fungsi kardiovaskular yang dapat membuat jantung lebih sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *