Informasi Mengenai Kredit Usaha Rakyat

Memiliki bisnis sendiri dan sukses adalah impian banyak orang. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki niat serius untuk membangun bisnis sendiri. Tekad inilah yang mendorong pemerintah memberikan dukungan penuh kepada masyarakat yang ingin membangun bisnis. Anda bisa melakukan pengajuan kredit ke bank.

Siapapun yang mempunyai rencana untuk membangun bisnis harus menyelesaikannya untuk beberapa waktu, mulai dari jenis usaha yang dijalankan, dari strategi mengembangkan usahanya dan yang terpenting modal perusahaan yang ingin dibangun. Mengapa pemerintah harus mendukung bisnis rakyat?

Keberadaan perusahaan nasional yang populer ini dapat membantu perekonomian negara, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan pembiayaan kepada mereka yang ingin memiliki usaha melalui KUR atau yang biasa kita kenal dengan istilah Kredit Usaha Rakyat.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan layanan peminjaman kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah setempat melalui kegiatan perbankan kepada usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) atau kepada perusahaan yang layak tetapi belum lunas. Artinya, perseroan masih memiliki potensi atau prospek bisnis yang bagus dan dapat mengembalikan pinjaman tersebut.

KUR sendiri mencakup berbagai bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak di sektor produktif seperti pertanian, perindustrian, perikanan dan kelautan, mulai dari kehutanan hingga simpan pinjam. Semua bentuk kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan banyak fasilitas kepada masyarakat.

Secara keseluruhan, tujuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah agar UKM dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan pembangunan dan pemberdayaan yang ditujukan untuk peningkatan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Sekarang kita akan membahas bagaimana sebenarnya mendistribusikan KUR dan mendapatkan pinjaman modal dari KUR. Penggemar KUR memang banyak, namun sebagian dari mereka masih bingung bagaimana cara mendapatkannya. Oleh karena itu, Anda yang berminat mendapatkan pinjaman dari KUR dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan bisnis yang Anda miliki adalah bisnis yang produktif, artinya mampu mendorong lebih banyak aktivitas dan kreativitas di daerah yang kurang beruntung. Berbagai jenis kegiatan produktif antara lain kerajinan tangan, hasil pertanian olahan, peternakan hingga pembibitan.
  • Mempersiapkan segala jenis berkas atau dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Kartu Keluarga, Informasi Domisili, Legalitas Perusahaan (corporate act), Izin Usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha dan persyaratan lain yang dipersyaratkan oleh bank.
  • Kunjungi bank lain yang menyediakan akses KUR dan jangan lupa untuk meminta informasi pinjaman terkait.
  • Terakhir, bank akan meninjau bisnis Anda. Nanti saat survei, bank akan mengecek apakah bisa memberikan kredit usaha atau tidak. Jika memenuhi syarat, pinjaman yang sudah diajukan akan segera dilunasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *