Keep Talking and Nobody Explodes

Keep Talking And Nobody Explodes adalah game simulasi untuk membunuh bom. Permainan ini biasanya dimainkan secara multipemain, dengan 1 orang menjinakkan (defuser) dan satu lagi memberikan instruksi tentang cara meledakkan bom (anggota). Dikutip dari stjosephhospitalny.org meski disebut sebagai game multiplayer, nyatanya game ini lebih terasa sebagai game single player dengan bantuan, karena member hanya bertugas memberikan instruksi dan tidak main-main dengan proses penghilangan bom.

Permainan dimulai dengan pemain di ruang yang menyeramkan di ruang bawah tanah. Di depan pemain terdapat sebuah koper yang merupakan bom dimana di bagian sisinya terdapat modul yang bisa dikatakan mirip dengan puzzle. Kita harus memecahkan teka-teki ini untuk membunuh bomnya. Ada total 13 jenis modul biasa dan 3 jenis modul khusus yang tersedia di dalam game ini. Modul normal hanya perlu diselesaikan satu kali untuk melanjutkan modul lain, sedangkan modul khusus perlu diselesaikan berkali-kali (modul ini dapat diaktifkan kembali dengan sendirinya). Setiap bom sendiri memiliki waktu sekitar 5 menit. Setelah bom diledakkan, papan peringkat akan muncul di mana sisa waktu pemain lain akan muncul.

Dalam game ini, defuser tidak bisa melihat manual expert, dan expert juga tidak bisa melihat status bomb yang akan dihilangkan. Kedua belah pihak harus berkomunikasi satu sama lain untuk meledakkan bom yang disebut “Keep Talking”. Terlepas dari teka-teki tersebut, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam proses penolakan seperti cuaca, jumlah kesalahan, kondisi ruangan dan lain-lain. Setiap kali defuser membuat kesalahan, jumlah kesalahan meningkat dan waktu bom berkurang lebih cepat. Ketika jumlah kegagalan mencapai maksimum atau ketika waktunya habis, bom akan meledak. Kondisi ruangan seperti lampu yang kadang padam atau alarm yang keras juga akan menjadi tantangan dalam proses pemadaman.

Teka-teki yang tersedia tidak terlalu rumit, tetapi komunikasi yang buruk jelas dapat mengganggu. Ada puzzle yang menggunakan homophones, jadi mungkin ahli salah menyimak dan memberikan instruksi yang salah, ada labirin dimana perusuh tidak bisa melihat bentuk labirin dan harus dipandu dengan baik oleh ahlinya, dan sebagainya. Gim ini tersedia di Windows (melalui Steam), Playstation 4, dan Android. Selain itu, game tersebut dapat digabungkan dengan virtual reality untuk mendapatkan pengalaman bermain game terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *