Mengenal Struktur yang Ada Didalam Mitokondria

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai struktur mitokondria didalam sel hewan. Sebelum membahas struktur yang ada didalam mitokondria maka kita harus tahu dulu apa itu mitokondria? Jadi mitokondira merupakan sebuah organel tempat berlangsungnya respirasi sel dalam semua makhluk hidup terutama pada hewan. Selain itu terdapat fungsi mitokondria lainnya yaitu sebagai metabolisme asam lemak, transduksi sinyal seluler, dan sebagai penghasil energi.

Kalau kita berbicara mengenai struktur yang ada didalam mitokondira maka terdapat dua lapisan membran yaitu membran luar dan membran dalam. Mitokondira ini banyak ditemukan pada sel jangtung, otot, dan hati. Pada bagian Ribosom mitokondria ini mirip dengan yang ada pada bakteri dibandingkan dengan inte sel eukariota.

Tidak perlu menunggu pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai struktur mitokondria pada sel hewan. Jadi mitokondria ini terbagi menjadi membran luar, membran dalam, matriks, Krista, dan ruang antar membran.

  1. Membran dalam dan membran luar

Membran dalam ini merupakan membran yang kompleks namun permeable yang terbentuk dari berbagai molekuk kompleks ATO sintase, komplek transport elektron dan transport protein. Kalau membrane luar ini tersusun dari berbagai fosfolipid bilayer yang didalamnya mengandung protein porin. Lapisan dalam ini dilewati ion-ion, ADP, ATP, dan molekul nutrisi.

  1. Krista

Krista ini merupakan sebuah lipatan yang terdapat pada membran dalam di mitokondria. Jadi fungsi utama dari Krista ini mampu membantu perluasan struktur lapisan dalam sel ketika akan membutuhkan ruang yang lebih banyak untuk molekuk DNA.

  1. Ruang antar membran

Jadi ruangan ini merupakan ruangan yang terdapat didalam membran luar dan membran dalam. Jadi fungsi utama membrane ini bertanggung jawab atas proses fosforilasi oksidatif.

  1. Matriks

Matriks merupakan lapisan yang berisi molekul-molekul DNA yang berperan dalam respirasi sel dan enzim-enzim yang berfungsi pada siklus reaksi asam sitrat. Didalam matriks juga terdapat gas-gas dan air yang terlarut seperti karbon dioksida dan oksigen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *